< 1 >
Read!
In the Name of ALLAH, Who has created man from a clot (a piece of thick coagulated blood).
< 2 >
Al-Islami
In the Name of ALLAH, Who has created man from a clot (a piece of thick coagulated blood).
< 3 >
Al-Islami
In the Name of ALLAH, Who has created man from a clot (a piece of thick coagulated blood).
< 4 >
Al-Islami
In the Name of ALLAH, Who has created man from a clot (a piece of thick coagulated blood).

Selasa, 15 November 2016

Ijazah Doa’ Uwa Ajengan



Ijazah Doa’ Uwa Ajengan; Doa sebelum dan setelah membaca al-Quran
دعاء قبل قرائة القرآن

رَبَّنَا إِنَّنَا تَقَرَّبْنَا إِلَيْكَ بِتِلاَوَةِ كَلاَمِكَ الْكَرِيْمِ، لِتُقَرِّبُنَا إلَيْكَ زُلْفٰى، وَافْتَحْ لَنَا فُتُوْحَ الْعَارِفِيْنَ، وَاجْعَلْنَا مِنَ المقَرَّبِيْنَ، رَبَّنَا إِنَّنَا تَوَسَّلْنَا إِلَيْكَ بِتَلاَوَةِ كَلَامِكَ الْكَريْمِ وَبِذِكْرِ أَسْمَائِكَ الْعَظِيْمِ، أَنْ تَجْعَلَنَا وَأَوْلَادَنَا وَذُرِّيَاتِنَا وَتَلاَمِدَنَا وَتِلْمِيْدَتِنَا مِنَ الْعُلَمَاءِ الْعَامِلِيْنَ وَإِمَامِ الْمُتَّقِيْنَ صَالِحِيْنَ طَائِعِيْنَ لِلّٰهِ وَلِرِسُوْلِهِ.

اللَّهُمَّ ارْفَعْ دَرَجَاتِنَا وَطَوِّلْ أَعْمَارَنَا فِى عِبَادَتِكَ وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَحَسِّنْ أَخْلَاقَنَا وَوَسِعْ أَرْزَاقَنَا وَحَبِّبْ لَنَا النَّاسَ أَجْمَعَيْنَ وَتَبَاعَدِ العَدَاوَةَ مِنْ بَنِى آدَمَ، وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ وَبِهِ الْحَوْلُ وَالْقَوْةُ، رَبِّي تَمِّمْ وَسَهِّلْ كُلَّ أَمْرٍ عَسِيْر ٍ، يَامُيَسِّرَ كُلِّ أَمْرٍ عَسِيْرٍ، يَسِّرْ وَلاَ تُعَسِّرْ فَإِنَّ تَيْسِيْرَ الْعَسِيْرِ إِلَيْكَ يَسِيْرٌ.

رَبَّنَا إِنَّكَ تَعْلَمُ سِرَّنَا وَعَلاَنِيَّتِنَا فَاقْبَلْ مَعْدِرَتَنَا وَتَعْلَمُ حَوَائِجِنَا فَاْتِنَا سُﺆَالَنَا...3x وَتَٰعْلَمُ مَا فىِ أَنْفُسِنَا فَاغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا. فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآنَ فَاسْتَعِذْ بِاللّٰهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰن الرَّحِيْمِ:

Selanjutnya membaca al-Quran

دعاء بَعد قرائة القرآن

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ، حَمْدَ الشَّاكِريْنَ حَمْدَ الْمُتَنَعِّمِيْنَ، حَمْدًا يُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ، يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلَالِكَ الْكَرِيْمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ، اللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا أَعْمَالَنَا وَقِرَائَتِنَا وَدُعَائَنَا فَاغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا وَكَفِّرْ عَنَّا سَيِّآتِنَا وَاهْدِنَا وَانْصُرْنَا نَصْرًا عَزِيْزًا، اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ الْقَبُوْلَ وَالمَنْفَعَةَ والْمَصْلَحَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالجَزَاءَ وَالْسِيْلَةَ لِصَلَاحَةِ ذُرَّيَاتِنَا وَوَسِيْلَةً لِرِفْعَةِ دَرجَاتِنَا وَوَسِيْلَةً لِدَفْعِ بَلاَئِنَا وَوَسِيْلَةً لِنَفْعِ عُلُوْمِنَا بِرَحْمَتَكَ يَا أَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ عَلٰى المُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العٰلَمِيْنَ.  الفَاتِحَة.

4 JALAN MENUJU A'RIFIN



4 JALAN MENUJU A'RIFIN
Menjadi manusia yang senantiasa mampu melihat sudut yang baik dalam setiap peristiwa, pastilah akan sangat membahagiakan. Bahkan derita bisa diubah menjadi bahagia. Tapi, bagaimana caranya ? Bukankah kita sering terlanjur marah-marah dan bahkan protes pada Allah ? Atau bertanya-tanya tentang apa maksud semua yang kita alami ?
Ya, boleh jadi kita memandang negatif dan merasakan ketidak nyamanan yang sangat, saat kesulitan datang menimpa kita. Merasa seolah-olah kitalah yang paling menderita di muka bumi. Kita merasa seolah Allah salah dalam memberikan ketetapan pada kita, padahal Allah-lah yang paling mengetahui apa yang paling tepat bagi kita.
Almarhum KH. Khoer Affandi dari Manonjaya membagikan rumus untuk meraih derajat a'rifin, derajat manusia yang akan mampu mengubah derita menjadi bahagia. Rumus itu adalah :
  1. BERSIKAPLAH INQITHO', yakni sikap melepaskan diri dari pemikiran bahwa yang menimpa kita, terutama keburukan, bersumber dari makhluk. Inqitho' mengajarkan agar kita selalu menyadari bahwa semua kejadian berasal dari Allah, karena tak ada satupun makhluk yang memiliki kekuatan dan kekuasaan untuk menetapkan suatu peristiwa, Kesadaran ini akan membuat kita selalu mampu melihat hikmah dibalik musibah.
  2. BERSIKAPLAH TAFWIDL, yaitu secara sadar melakukan instrospeksi diri dan bertanya-tanya pada diri mengapa keburukan, kesulitan menimpa kita. Lantas menyadari sepenuhnya semua hal adalah ketetapan Allah maka terucaplah kata-kata : Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un,..laa hawla walaa quwwata illa billahi al aliyyil adzhim.
  3. MEMPERBANYAK ISTIGHFAR. Sadar bahwa setiap hal buruk boleh jadi muncul karena kekeliruan diri atau kesalahan dan dosa di masa lalu, maka orang-orang a'rif memperbanyak istighfar saat mengalami kesulitan dalam hidupnya. Istighfar membuat hamba bertambah tenang jiwanya karena dosa-dosanya diampuni Allah. Dengan istighfar juga dihapuskan kesedihan dan dibukakan rizqi dan pertolongan dari sumber-sumber yang tak terduga.
  4. MEMPERBANYAK DOA. Doa adalah permohonan hamba pada Allah. Doa adalah simbol dan ekspresi keyakinan kita akan kekuatan Allah. Lebih dari itu doa adalah ekpresi keyakinan kita akan adanya Allah yang Maha Mendengar dan Maha Mengetahui setiap persoalan makhluk. Dianjurkan akan memulai doa dengandzikir dan shalawat, lalu memohon pada Allah dengan rendah hati dan penuh keyakinan disertai sikap tawakal akan apapun yang Allah hadirkan dalam hidup.
Saudaraku, Allah tak pernah salah menghadirkan setiap peristiwa dalam hidup kita. Berserah diri pada ketetapan Allah dan selalu berusaha untuk meraih yang terbaik, Insya Allah akan menjadikan hidup kita lebih hidup. Jadikan Al-Quran sebagai penerang jalan hidup kita dan jadikah sabar dan shalat sebagai jalan untuk meraih pertolongan Allah.

Minggu, 13 November 2016

TATA KERAMA BERINTERAKSI DALAM JAMA’AH



آدَابُ التَّعَامُلِ فِي الْجَمَاعَةِ

”إِنَّكَ إِنْ لَمْ تَكُنْ بِهِمْ، فَلَنْ تَكُوْنَ بِغَيْرِهِمْ، وَإِنْ لَمْ يَكُوْنُوْا بِكَ، فَسَيَكُوْنُ بِغَيْرِكَ“

أ – مَعَ الدَّعْوَةِ :
1-                 اَلتَّخَلِّيْ عَنِ الصِّلَةِ بِأَيِّ هَيْئَةٍ أَوْ جَمَاعَةٍ (وَخَاصَّةً إِذَا طُلِبَ مِنْهُ ذَلِكَ).
2-                 إِحْيَاءُ الْعَادَاتِ اَلإِسْلاَمِيَّةِ (اَلتَّحِيَّةُ – اَللُّغَةُ – اَلتَّارِيْخُ – اَلزِّيُّ) قَدْرَ الْمُسْتَطَاعِ.
3-                 اَلتَّعَرُّفُ عَلَى اْلإِخْوَةِ اَلدُّعَاةِ مَعْرِفَةً تَامَّةً، وَبِالْعَكْسِ.
4-                 أَدَاءُ الْوَاجِبَاتِ اَلْمَالِيَّةِ (اَلزَّكَاةِ، اَلاِشْتِرَاكِ، اَلاِنْفَاقِ).
5-                 نَشْرَةُ الدَّعْوَةِ فِيْ كُلِّ مَكَانٍ، وَطَبْعُ اْلأَهْلِ عَلَى ذَلِكَ.
6-                 اَلتَّعَرُّفُ عَلَى الْحَرَكَةِ اْلإِسْلاَمِيَّةِ.
ب – مَعَ الْمَسْؤُوْلِ :
”وَلِلْقِيَادَةِ فِيْ دَعْوَةِ اْلإِخْوَانِ حَقُّ الْوَالِدِ بِالرَّابِطَةِ الْقَلْبِيَّةِ، وَاْلأُسْتَاذِ بِاْلإِفَادَةِ الْعِلْمِيَّةِ، وَالشَّيْخِ بِالتَّرْبِيَّةِ الرُّوْحِيَّةِ، وَالْقَائِدِ بِحُكْمِ السِّيَاسَةِ الْعَامَّةِ لِلدَّعْوَةِ، وَدَعْوَتُنَا تَضُمُّ كُلَّ هَذِهِ الْمَعَانِيْ جَمِيْعًا“.
1-                 اَلطَّاعَةُ، وَهِيَ اِمْتِثَالُ اْلأَمْرِ وَإِنْفَاذُهُ فِي الْمَنْشَطِ وَالْمَكْرَهِ وَالْعُسْرِ وَالْيُسْرِ.
2-                 اَلثِّقَةُ، وَهِيَ اَلاِطْمِئْنَانُ اَلنَّفْسِيُّ بِكُلِّ مَا صَدَرَ عَنْهُ.
3-          اَلاِسْتِئْذَانُ             أَنْ تُحِيْطَ الْجَمَاعَةَ، عِلْمًا بِكُلِّ ظُرُوْفِكَ، وَأَنْ تُدِيْمَ الاِتِّصَالِ اَلرُّوْحِيِّ وَالْعَمَلِيِّ بِهَا.
4-                 تَوْقِيْرُ الْمَسْؤُوْلِ.
5-                 اَلْمُسَارَرَةُ بِالنَّصِيْحَةِ.
جـ – مَعَ الْمُؤَيِّدِيْنَ :
1-                 اَلتَّوَازُنُ فِيْ تَقْدِيْرِهِمْ، فَلَيْسُوْا كُلَّ شَيْءٍ حَتَّى لاَ نُبَالِيْ بِغَيْرِهِمْ وَلاَ نَسْتَخِفُّهُمْ فَنَجْعَلُهُمْ طَبَقَةً سَخِيْفَةً لاَ قِيْمَةَ لَهَا.
2-                 تَقْدِيْمُ اْلأَهَمِّ عَلَى الْمُهِمِّ، وَخَيْرُ مَا يَبْدَأُ بِهِ تَرْسِيْخُ الْعَقِيْدَةِ فِيْ قَلْبِهِ.
3-                 اَلاِقْتِصَادُ فِي النَّصِيْحَةِ.
4-                 تَرْكُ أُسْلُوْبِ التَّحَدِّيْ وَلَوْ بِالْحُجَّةِ الدَّامِغَةِ.
5-                 اَلاِبْتِعَادُ عَنِ اْلإِجَابَةِ اَلْمُبَاشِرَةِ وَالنَّقْدِ اَلْمُرِّ.
6-                 اَلْحَذَرُ مِنْ تَبْدِيْدِ الطَّاقَةِ بِمُعَالَجَةِ اْلأُمُوْرِ اَلتَّافِهَةِ أَوْبِالْجَدَلِ اَلَّذِيْ لاَ يُفِيْدُ.
7-                 اِفْتِرَاضُ ذَكَاءِ وَعِلْمِ الْمَدْعُوِّ فَلاَ نُطِيْلُ فِيْ إِيْرَادِ الْبَدِيْهِيَّاتِ.
8-                 لِكُلِّ مَقَالٍ مَقَامٌ، وَلِكُلِّ مَقَامٍ مَقَالٌ (خَاطِبُوْا النَّاسَ عَلَى قَدْرِ عُقُوْلِهِمْ).
9-                 دِرَاسَةُ ظُرُوْفِهِ وَمَعْرِفَةُ حَالِهِ :
·       لاَ تُؤّنِّبْهُ إِذَا تَأَخَّرَ مِنَ النَّشَاطِ.
·       لاَ تُلِحَّ عَلَيْهِ فِيْ عَمَلٍ مَّا.
·       لاَ تُكَلِّفْهُ أَكْثَرَ مِمَّا يُطِيْقُ.
10-             اَلْبِنَاءُ لاَ يَتِمُّ فِيْ يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ.
11-             كُنْ قُدْوَةً لَهُ فِيْ كُلِّ شَيْءٍ (كَبُرَ مَقْتًا عِنْدَ اللهِ أَنْ تُقُوْلُوْا مَا لاَ تَفْعَلُوْنَ).
12-             اَلاِسْتِمْرَارُ فِيْ دَعْوَتِهِ حَتَّى تَظْهَرَ النَّتَائِجُ.
د - مَعَ اْلإِخْوَانِ :
1-                 إِحْسَانُ الظَّنِّ بِهِمْ وَطَلَبِ الْعُذْرِ لَهُمْ.
2-                 إِبْدَاءُ الْمَحَبَّةِ وَكَظْمِ الْغَيْظِ وَالضَّغَائِنِ.
3-                 اَلدُّعَاءُ لَهُمْ بِظَهْرِ الْغَيْبِ : ”دُعَاءُ الْمَرْءِ اَلْمُسْلِمِ مُسْتَجَابٌ لأَخِيْهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ عِنْدَ رَأْسِهِ مَلَكٌ مُوَكَّلٌ بِهِ، كُلَّمَا دَعَا لأَخِيْهِ بِخَيْرٍ َقالَ الْمَلَكُ : آمِيْن، وَلَكَ بِمِثْلِ ذَلِكَ“. (رواه أحمد ومسلم وابن ماجه عن أبي الدرداء).
4-                 اَلاِعْتِرَافُ بِمُسَانَدَتِهِمْ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءُ اِسْتِشْعَارًا بِأَنَّ قُوَّتَهُ لاَ تَتَحَرَّكُ فِي الْحَيَاةِ وَحْدَهَا.
5-                 كَرَاهَةُ مَضَرَّتِهِمْ وَالْمُبَادَرَةِ إِلَى دَفْعِهَا.
6-                 اَلتَّنَاصُرُ ”اُنْصُرْ أَخَاكَ ظَالِمًا أَوْ مَظْلُوْمًا“ أَي بِكَفِّهِ عَنْ ذَلِكَ.
7-                 تَسْهِيْلُ اْلأُمُوْرِ اَلصَّعْبَةِ.
8-                 بَذْلُ النَّصِيْحَةِ (لَمْ يَبْقَ مِنَ الْعَيْشِ إِلاَّ ثَلاَثٌ : أَخُ لَكَ تُصِيْبُ مِنْ عِشْرَتِهِ خَيْرًا، فَإِنْ زِغْتَ عَنِ الطَّرِيْقِ قَوَّمَكَ، وَكَفاكَ مِنَ عَيْشٍ لَيْسَ لأَحَدٍ عَلَيْكَ فِيْهِ تَبِعَةٌ، وَصَلاَةٌ فِيْ جَمْعٍ تَكْفِيْ سَهْوَهَا وَتَسْتَوْعِبُ أَجْرَهَا).
قَالَهَا اَلْحَسَنُ اَلْبَصْرِيُّ رحمه الله. وَقَالَ الْمُحَاسَبِيْ رحمه الله : وَاعْلَمْ أَنَّ مَنْ نَصَحَكَ فَقَدْ أَحَبَّكَ، وَمَنْ دَاهَنَكَ فَقَدْ غَشَّكَ، وَمَنْ لَمْ يَقْبَلْ نَصِيْحَتَكَ فَلَيْسَ بِأَخٍ لَكَ.
هـ – مَعَ الْمُرَبِّيْنَ :
1-                 اَلتَّقْدِيْرُ وَالاِحْتِرَامُ لَهُمْ، لأَنَّ اللهَ جَعَلَهُمْ سَبَبًا لاِنْضِمَامِكَ إِلَى هَذَا الْمَوْكَبِ اَلْعَظِيْمِ وَلَوْ سَبَقْتُمُوْهُمْ إِلَيْهِ.
2-                 إِنَّهُمْ لَيْسُوْا أَسَاتِذَتَكَ سَابِقًا، فَلاَ تُقَاطِعْهُمْ وَتُحْرِمْهُمْ وَأَهْلِيْهِمْ عَنِ الزِّيَارَةِ وَاْلإِحْسَانِ.
3-                 إِدَامَةُ ذِكْرِ مَحَاسِنِهِمْ وَنِسْيَانُ مَسَاوِئِهِمْ (إِنْ كَانَتْ).

TATA KERAMA BERINTERAKSI DALAM JAMA’AH

« Sesungguhnya jika kamu tidak dengan mereka, engkau tidak akan dengan selainnya, sementara mereka jika tidak dengan kamu, mereka bisa dengan selainmu » 
 
A.     Tata Kerama Dengan Da’wah:
1.      Melepaskan ikatan loyalitas dengan lembaga atau jama’ah lain (khususnya bila hal itu dituntut darinya).
2.      Menghidupkan tradisi-tradisi ke-Islam-an, seperti: salam, penanggalan, dan pakaian sebisa mungkin.
3.      Mengenali sesama ikhwah da’i dengan pengenalan yang lengkap, begitu juga sebaliknya.
4.      Menunaikan iuran wajib (zakat, iuran rutin dan infaq).
5.      Menyebarluaskan da’wah ditempat manapun dan mengkondisikan keluarga untuk da’wah.
6.      Mengenali harakah Islamiyyah.

B.     Tata Kerama Dengan Mas-ul:
« Kepemimpinan dalam da’wah Ikhwan memiliki hak orang tua dengan ikatan hati, hak ustadz karena faktor ifadah ilmiyyah, hak syekh karena tarbiyyah ruhiyyah, hak panglima dengan hukum siyasah ‘ammah da’wah, dan da’wah kita menghimpun semua makna ini »
1.      Taat dan menjalankan perintah serta melaksanakannya, baik dalam keadaan giat atau ‘terpaksa’, dalam keadaan sulit atau mudah.
2.      Tsiqah yaitu tenang dan tenteramnya hati terhadap segala yang keluar darinya.
3.      Isti’dzan èHendaknya menginformasikan kepada jama’ah secara ilmiyah tentang segala situasi dan kondisimu, danhendaknya senantiasa ada kontak ruhi dan amali dengannya.
4.      Tauqir (menghargai dan menghormati) mas-ul.
5.      Musaroroh (tersembunyi dan tidak terbuka) dalam menasehati mas-ul.

C.     Tata Kerama Terhadap Sesama Ikhwah:
1.      Ihsanuzh-Zhan (berbaik sangka) terhadap mereka dan mencarikan alasan untuk mereka.
2.      Menanmpakkan rasa cinta kepada mereka dan menahan emosi yang hedak meledak serta menghilangkan kedongkolan dari dalam hati.
3.      Mendo’akan mereka dari jauh: “Do’a seorang muslim untuk saudaranya adalah do’a mustajab, di atas kepala orang yang berdo’a itu ada seorang malaikat yang ditugasi untuk itu, setiap kali orang itu mendo’akan saudaranya dengan kebaikan, maka malaikat itu berkata: Amiin, dan untukmu seperti itu juga”. (HR Ahmad, Muslim dan Ibnu Majah dari Abud-Darda’).
4.      Mengakui dukungan ikhwah dalam keadaan senang dan susah, sebagai ungkapan rasa bahwa kekuatannya sendiri tidak akan berarti dalam kehidupan.
5.      Tidak sampai hati menimpakan bahaya kepada saudaranya, dan segera menghilangkan bahaya itu darinya.
6.      Saling menolong: “Tolonglah saudaramu, baik ia sebagai yang menzhalimi (maksudnya: kita menahannya dari berbuat zhalim) atau di zhalimi”.
7.      Memudahkan urusan sulit saudaranya.
8.      Memberikan nasehat kepadanya: “Tidak tersisa dari kehidupan ini selain tiga hal:Sauaramu yang dari bergaul dengannya engkau mendapatkan kebaikan, jika engkau menyimpang dari jalan, ia akan meluruskanmu: dan cukuplah bagimu dari kehidupan ini bila tidak ada seorangpun yang kamu menjadi beban atasnya; serta shalat berjama’ah yang menangung kelupaannya dan mencakup pahalanya”. Diucapkan oleh Al Hasan Al Bashri rahimahullah.

D.     Tata Kerama Terhadap Mutarabbi:
1.      Obyektif dan tawazun dalam menghargai mereka, sebab mereka bukanlah segalanya sehingga kita tidak mempedulikan selain mereka, dan tidak pula meremehkan mereka, sehingga kita menjadikan mereka sebagai kelas rendahan yang tiada guna.
2.      Mendahulukan yang lebih penting atas yang penting, dan sebaik-baik dalam memulai membina mereka adalah menanamkan serta mengokohkan aqidah dalam hati mereka.
3.      Iqtishad dalam memberi nasehat.
4.      Tidak mempergunakan gaya menantang, meskipun dengan argumentasi yang jitu dan mematikan.
5.      Menghindari jawaban langsung dan kritik pedas.
6.      Berhati-hati untuk tidak membuang-buang potensi dengan cara mengurusi hal-hal yang sepele atau dengan mendebat yang tiada guna.
7.      Memprediksikan dan membaca kecerdasan dan ilmu pengetahuannya, sehingga kita tidak membicarakan panjang lebar hal-hal yang aksiomatik.
8.      Likulli maqamin maqaal, wa likulli maqalin maqaam (setiap kondisi itu ada gaya bicaranya tersendiri, dan setiap pembicaraan itu ada tempatnya): “Ajaklah bicara manusia dengan hal-hal yang sesuai dengan kadar intelektualitas mereka”.
9.      Mengkaji kondisinya dan mengenali keadaannya:
·         Jangan mencercanya jika ia terlambat dalam mengikuti kegiatan.
·         Jangan paksakan dia untuk mengerjakan sesuatu.
·         Jangan bebani dia dengan sesuatu yang melebih kemampuannya.
10.  Pembinaan itu tidak bisa selesai dalam sehari semalam.
11.  Jadilah anda teladan baginya dalam segala hal (QS Ash-shaff: 2).
12.  Kontinyu dalam menda’wahi mereka sehingga tampaklah hasil-hasilnya.

E.     Tata Kerama Terhadap (Mantan) Murabbi:
1.      Menghargai dan menghormati mereka, sebab Allah swt telah menjadikan mereka sebagai penyebab anda untuk bergabung dengan jama’ah ini.
2.      Mereka bukanlah mantan gurumu, karenanya, jangan putus hubungan dengan mereka, tetaplah menziarahi mereka dan keluarganya serta tetap berbuat baiklah kepada mereka.

Copyright @ 2013 Jalan Haqiqi.